PANWASCAM ASINUA SERUKAN PENGUATAN KETATANEGARAAN LOKAL LEWAT PARTISIPASI POLITIK PUBLIK LOKAL.

Terbau48 Dilihat

I M R A N L E R U
Ketua panwascam

esensi Dasar penyelenggaraan Pemilu salah satunya adalah ” Memperkuat sistem ketatanegaraan yg demokratis”. Jadi pemilihan adalah sarana kedaulatan Rakyat lokal untuk memilih Bupati dan wakil Bupati, Gubernur dan wakil Gubernur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila. Unaaha, Mediaaspirasi. com – 17/11/2024.

Imran leru dalam ulasan prolog di sela-sela tes wawancara calon pengawas Tempat Pemungutan Suara di Sekretariat panwascam Asinua, senin, 14/11/2024. menekankan dua esensi dasar Tugas PTPS yakni Pengawasan Pemilihan harus sesuai Regulasi Pemilihan dan Perlunya mendorong partisipasi politik publik lokal dalam rangka menguatkan Sistem ketatanegaraan lokal.

” Baik pemilu maupun Pemilihan siklusnya terjadi secara periodik lima tahun sekali, jadi calon PTPS nantinya harus mampu melaksanakan Tupoksi Pengawasan Sesuai Intruksi Undang-Undang Pemilu dan mendorong partisipasi politik publik lokal kearah yg lebih baik “. Katanya.

Dengan terbentuknya Calon PTPS yang sekaligus akan menjelma Sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang nantinya Sebagai Perpanjangan Tangan BAWASLU RI di tempat Pemungutan Suara hendaknya senantiasa Melaksanakan Tugas Sesuai dengan Peraturan pemilu dan Senantiasa menghormati Norma-Norma yang berlaku di masyarakat.

” Kita ini adalaha Penjelmaan BAWASLU RI, jadi di harapkan Saudara-Saudari untuk Tetap menjalankan tupoksi Sesuai Aturan dan Menghormati Norma dan Aturan yg berlaku di masyarakat “. Lanjutnya.

Tes Wawancara calon PTPS Kecamatan Asinua yg di laksanakan Hari ini merupakan Rangkaian Jadwal Pembentukan pengawas TPS, yg dimulai tanggal 9 September dan berakhir di Pelantikan Pengawas TPS tanggal 3-4 November 2024. Sedangkan perpanjang Rekruitmen Khusus tanggal 5 -20 November 2024. Panwascam Asinua tidak akan mengagendakan hal tersebut karena PTPS nya di setiap desa/kelurahan sudah terisi.

“Proses Rekruitmen Pembentukan calon Pengawas PTS Asinua sudah sesuai Petunjuk BAWASLU RI, sedangkan Perpanjangan Rekruitmen Pengawas TPS yang di siapkan Waktunya tanggal 5 – 20 November 2024, Panwascam Asinua tidak akan menjadwalkan karena Pengawas TPS nya sudah terisi di setiap TPS desa/kelurahan Sekecamatan Asinua,,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *